Kamis, 27 Juni 2013

Pantai Sikabau

Pasaman Barat dengan garis Pantai yang memanjang mulai dari perbatasan dengan Kabupaten Agam hingga ke perbatasan dengan Provinsi Sumatera utara menyimpan potensi wisata Bahari yang sangat menjanjikan. Jika bicara mengenai wisata Bahari ataupun pantai di Pasaman Barat, umumnya masyarakat sering mengunjungi Pantai Sasak sebagai wisata andalan di Pasaman barat. dikarenakan lokasinya yang tidak jauh dari Ibukota Simpang Ampek dan fasilitas mendukung wisata yang lebih memadai dibandingkan dengan objek wisata bahari lain di Pasaman Barat.

                                        
                                         Pasir Putih Pantai Sikabau


Selain Pantai Sasak sebenarnya masih banyak potensi wisata Pantai di Pasaman Barat yang menyajikan pemandangan alam dan kharakteristik masing masing, salah satunya ialah Pantai Sikabau.  Nama ini memang belum terlalu familiar di telinga pecinta pantai di Luar bahkan di dalam kabupaten Pasaman Barat sendiri. Perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Pasaman Barat yang semakin tumbuh memunculkan lebih banyak masyarakat kelas menengah yang haus akan tempat menhabiskan waktu libur selain Pantai Sasak. 

Pantai yang berada di kecamatan Koto Balingka ini dapat dijadikan dalam daftar destinasi wisata anda jika ingin berkunjung ke Pasaman Barat. Pantai yang Landai dengan pohon pohon cemara akan menyambut kedatangan setiap wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai ini, di bandingkan Pantai pantai lain di Pasaman Barat, Pantai ini jauh lebih alami dan mempunyai pasir putih yang berkilauan oleh terpaan sinar matahari.


                                          Muara Pantai Sikabau Nan Jernih

Selain Pantai yang landai dengan warna pasir yang paling putih di Pasaman Barat, Pantai Sikabau juga menyuguhkan gabungan antara alam dan kesederhanaan penduduknya. di ujung Pantai Sikabau terdapat sebuah muara dengan air yang sangat jernih. dan sebelum memasuki kawasan Pantai pengunjung akan disuguhkan dengan perkebunan semangka dan para petani semangka tersebut biasanya menjual hasil kebun mereka untuk di beli oleh para pengunjung yang ingin menikmati Pantai Sikabau.



                                         Pohon Cemara Pantai Sikabau




Akses menuju Pantai Sikabau sampai saat ini memang masih tergolong sulit, hal itu juga yang membuat Pantai ini seakan terlupakan oleh para wisatawan. untuk menuju Pantai Sikabau Pengunjung dapat menggunakan kendaraan Pribadi dari Ibukota Simpang Ampek hingga tiba di Simpang Sayur Nagari Ujung Gading. dari sini perjalanan dilanjutkan melalui perkebunan perusahaan dan penduduk dengan kondisi jalan yang berbatu selama sekitar 1 jam hingga tiba di Pantai Sikabau. total waktu perjalanan yang dibutuhkan dari Ibukota Simpang Ampek sekitar 2 jam perjalanan.


                                  Kondisi Jalan Perkebunan Menuju Pantai Sikabau




Untuk fasilitas wisata di Pantai Sikabau belum tersedia, hanya ada 1 buah warung makan milik penduduk yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bersantai sambil bersantap yang biasanya buka setiap akhir pekan.

ALUAB . Redeem Voucher code ini dan dapatkan diskon 15 USD saat melakukan pemesanan hotel pada applikasi HotelQuickly.

1 komentar: